Jelang Natal Dan Tahun Baru Pasokan Gas Dijamin Aman

169 views
image

Tumpukan Gas Kosong (Foto: Dok Gunungkidulpost.com)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Menjelang perayaan natal 2017 dan tahun baru 2018, Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) DIY mengklaim pasokan gas dan bahan bakar minyak (BBM) aman.

Ketua Hiswana DIY Siswanto mengatakan, ketersediaan gas dan bahan bakar minyak (BBM) menjelang hari besar aman. Untuk gas elpiji sekarang ada tambahan fakultatif dan semua telah disalurkan sebanyak enam persen.

“Sekarang juga ada tambahan dua persen melalui stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) sebagai stabilitator untuk penyediaan elpiji,” ujarnya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (12/12/2017).

Sementara itu, terkait dengan pemberlakuaan harga, Harga Eceran Tertinggi (HET) yang diberlakukan tetap Rp15.000 dan untuk harga pangkalan Rp16.000.

“Tetapi, pada tingkat pengecer tidak ada batasan karena mekanismenya menyesuaikan pasar. Mestinya domain pengawasan di pemkab. Rantai pendistribusian pendek atau tidak, berpengaruh. Kalau panjang bisa jadi sampai Rp25.000 per tabung,” ucap Siswanto.

Sementara itu, salah seorang pedagang kali lima di Munggi Semanu, Bambang berharap stok gas menjelang natal dan tahun baru aman. Sehingga kelangkaan tidak akan terjadi, sampai Januari mendatang.

“Moment natal dan tahun baru serta masa liburan sekolah biasanya terjadi peningkatan kebutuhan. Kami harap kelangkaan tidak akan terjadi,” ungkap Bambang. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post