Jelang Pemilu, FKUB Ajak Warga Tetap Rukum

42 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Jelang tahun politik, potensi konflik rawan terjadi. Dalam hal ini tokoh agama dimasyarakat diharapkan bisa berperan untuk meredam timbulnya konflik akibat perbedaan pilihan.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Gunungkidul Iskanto mengungkapkan, saat ini kerukunana di Gunungkidul sudah cukup baik. Meski begitu jelang Pemilu 2019 ini menjadi perhatian tersendiri, dikhawatirkan terpengaruh suhu politik yang meningkat.

”Para tokoh agama, tokoh politik diharapkan bisa mengarahkan kepada anggotanya menjaga kerukunan,” kata Iskanto, seusai kegiatan FGD menghadapi Pileg dan Pilpres, di kantor Pemkab Gunungkidul, Rabu (12/9).

Menurutnya, potensi munculnya konflik tidak hanya berlatar karena berbeda agama, bahkan yang memiliki agama yang sama tidak menutup kemungkinan timbul konflik.

“Untuk itu, harus terus dijaga kerukunan sesama umat agama yang sama maupun yang berbeda agama, dan tentunya kerukunan dengan pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengungkapkan, forum yang dilakukan dengan berbagai elemen tersebut menghendaki adanya peningkatan fungsi FKUB termasuk memberikan kondisi yang baik jelang penyelenggaraan Pemilu.

Menurut Immawan, menghadapi Pemilu ini, semua dikembalikan dengan ajaran agama masing-masing. Ajakan-ajakan oleh tokoh agama masing-masing tentu akan lebih mengena ke masyarakat.

“Ajakan para tokoh agama untuk menjauhi hal-hal yang negatif, akan lebih mengena daripada dengan pandangan yang formal atau undang-undang,” ucapnya. (Santi)

Related Post