Jelang Pemilu, Kaum Disabilitas Butuh Perhatian Khusus

152 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kaum Disabilitas mengharapkan perhatian khusus dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Perhatian tersebut antara lain masalah aksesbilitas dan masalah pendampingan.

“Kami harap ada pendampingan khusus dalam pelaksanaan pesta demokrasi mendatang,” kata Ketua Pusat Pemberdayaan Disabilitas Mitra Sejahtera (PPDMS), Gunungkidul, Hardiyo, Jumat (28/12/2018).

Dikatakannya memang sosialisasi sudah ada beberapa, namun belum sampai menyeluruh disemua penyandang disabilitas. Selain itu dia berharap dalam aksesbilitas bagi penyandang disabilitas dapat diperhatikan, mengingat penyandang disabilitas berbeda-beda kebutuhannya.

“Selain itu saat dibilik suara dalam pendampingan dulu itu ada yang didampingi dari petugas. Nah kalau bisa itu yang mendampingi dari keluarganya saja. Kan tidak tahu mungkin yang tuna netra nanti dicobloskan siapa,” ujar Hardiyo.

Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan untuk pelayanan disabilitas menekankan kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk membuat lingkungan TPS yang ramah dengan disabilitas.

Terkait pendampingan saat dibilik suara sendiri Hani mengatakan hal tersebut bisa didampingi dengan anggota keluarga atau petugas KPPS dengan membuat surat permohonan pendampingan di TPS.

“Di daerah yang ada disabilitas kami haruskan untuk memberi pelayanan yang ramah disabilitas. Jumlahnya sendiri ada 2.493 pemilih dari lima jenis disabilitas,” pungkas Hani. (Bayu)

Related Post