Jelang Pergantian Tahun, Polres Gunungkidul Terapkan Buka Tutup Jalan


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Jelang pergantian tahun, Polres Gunungkidul akan menerapkan bebas kendaraan kendaraan di kawasan yang merupakan jantung kota. Upaya ini dilakukan untuk mengantipasi kemacetan yang bakal terjadi.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Samiyono menerangkan, jika terdapat beberapa titik yang menjadi prioritas pada malam pergantian tahun nanti. Diantaranya di Alun-alun kota Wonosari dan jalan Jogja – Wonosari khususnya di kawasan Hargodumilah. Di sejumlah titik tersebut nantinya akan digunakan masyarakat merayakan tahun baru.

“Dari beberapa titik itu personil sudah kita siagakan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan,” katanya, Jumat (30/12/2016).

Samiyono menjelaskan, untuk kawasan Kota Wonosari, pihaknya akan memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup sejumlah ruas-ruas jalan terutama akses menuju Alun-alun Wonosari. Nantinya para pengendara dari arah Jogja dialihkan menuju Simpang tiga Kranon, Wonosari ke arah utara, sedangkan dari arah timur akan dialihkan dari simpang tiga Besole, Baleharjo, Wonosari yang dialihkan ke arah selatan.

“Buka tutup jalur nanti menyesuaikan, tergantung situasi jika terjadi penumpukan kendaraan,” ujarnya.

Menurut Samiyono, di wilayah Hargodumilah, pihaknya akan menempatkan personel khusus. Polres Gunungkidul akan bekerja sama dengan Polres Bantul, Ormas dan Pokdarwis setempat untuk mencegah kemacetan parah yang mungkin terjadi.

“Untuk itu kita lakukan kebijakan larangan kendaraan yang parkir di ruas jalan, agar kemacetan dapat diminimalisir,” pungkasnya. (Nena)

Related Post