Jelang Pesta Demokrasi, 3.600 Warga Gunungkidul Belum Miliki E-KTP

66 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dalam rangka melakukan perekaman data kependudukan yang lebih falid, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul akan segera melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan kepala sekolah tingkat SMA sederajat.

Hal itu diharapkan mampu menyelamatkan hak ribuan warga untuk bisa mengikuti pemilu serentak 2019 mendatang.

Ketua KPU Gunungkidul M Zainuri Ikhsan mengatakan, dari data By name yang masuk masih ada 3600 an warga yang akan berusia 17 tahun pada april 2019 mendatang, dan usia 17 tahun tetapi belum melakukan perekaman E KTP.

“Ada sekitar 3600 data by name yang belum memiliki e-ktp,” katanya kepada wartawan, Selasa (4/9/2018) kemarin.

Dia mengatakan, bersama disdukcapil dan kepala sekolah, pihaknya akan menggelar rapat koordinasi untuk mengetahui jumlah pasti.

Zainuri mengatakan, pihaknya menargetkan sebelum pencoblosan pihaknya dan disdukcapil sudah selesai melakukan penyisiran warga.

“Kami akan terus berupaya kpprdinasi dengan dinas terkait. Sehingga jangan sampai ada warga yang kehilangan hak suaranya,” paparnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk disdukcapil Gunungkidul Arisandy Purba menyampaikan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan KPU Gunungkidul, meski data yang diberikan kepada KPU merupakan wewenang pusat.

“Kami juga akan menyisir warga yang belum melakukan perekaman untuk segera melakukan perekaman,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post