Jelang Pilkada, PDIP Mulai Didekat Empat Calon Bupati

323 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Setelah sukses meraih suara terbanyak di Pileg 2019, PDI Perjuangan Gunungkidul mulai didekati empat sosok calon bupati.

Dengan perolehan 10 kursi tersebut membuat PDIP mampu mengusung sendiri tanpa adanya koalisi.

Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan, keputusan Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) akan mencalonkan sendiri atau dengan koalisi tergantung dengan keputusan dewan pimpinan pusat partai. Pihaknya mengaku saat ini ada empat calon bupati yang mendekat dengan partai besutan Megawati.

“Untuk calon kepala daerah yang sudah berkomunikasi dengan PDIP sudah ada 4 orang, namun kami belum bisa sampaikan namanya,” kata Endah, Selasa, (23/7/2019).

Pihaknya masih meninggu hasil rekomendasi dari pimpinan pusat partai untuk menentukan siapa calon yang akan diusung dalam panggung pilkada Gunungkidul.

“Dewan pimpinan pusat partai belum mengatur Anggaran Dasar dan Angaran Rumah Tangga (ADART)termasuk Surat Keputusan (SK) bagaimana kita rekrutmen untuk calon kepala daerah, setelah kongres Bali kita baru dapat SKnya, SK untuk rekrutmen calon kepala daerah,” terangnya.

Tidak hanya PDIP saja yang mampu mengusung calon kepala daerah seorang diri namun juga ada partai Nasdem yang memiliki 9 kursi anggota dewan Gunungkidul, Sekretaris DPC Partai Nasdem Gunungkidul Agustinus Sujatmo menyampaikan DPC nasdem masih menunggu keputusan DPP Partai nasdem.

Salah satu pengurus DPD Nasdem Gunungkidul Agustinus mengatakan pihaknya masih menunggu rekomendasi daru pusat yang akan disampaikan saat rakernas Oktober mendatang.

“Kami masih menunggu rekomendasi bagaimana perintahnya, kami masih menunggu perintah dari pusat,” ucap Agus.

Lebih lanjut, Agus mengaku Partai Nasdem berprinsip menang dalam Pilkada 2020 mendatang asal pilihan mengambil kader dari eksternal dipertimbangkan.

“Survey partai atau elektabilitas calon sangat menentukan dalam pemilihan kader kalau punya kita sendiri kalah juga gak mungkin untuk diajukan,” ucapnya. (Bayu)

Related Post