Jelang Ramadhan, Pejabat Pantau Haga Daging

40 views

Gunungkidulpost.com – Karangmojo – Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI pemantauan ayam ras yang ada di Dusun Rejosari, Desa Ngawis Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul.

Hal itu dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan hari besar keagamaan nasional (HKBN) guna mengecek peredaran ayam jenis ras di Gunungkidul.

Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Sugiono mengatakan menjelang perayaan bulan suci Ramadhan di wilayah Kabupaten Gunungkidul ketersediaan daging ayam dinilai masih aman.

“Stok ayam dan daging ayam menjelang bulang puasa dan HBKN tahun ini cukup aman,” katanya kepada wartawan, Minggu.

Selanjutnya Sugino mengatakan konsumsi daging ayam di Indonesia sebesar 11,5 kg/kapita tiap tahunnya. Menurutnya, tahun 2018 ini terjadi surplus daging ayam dan perlu untuk membangun ruang penyimpanan.

“Penduduk ada sebanyak 265,015,300 jiwa, maka kebutuhan daging ayam ras secara nasional adalah sebanyak 3,047,676 ton per tahun,” jelasnya.

Dibanding dengan tahun sebelumnya 2016-2017 pada awal tahun biasanya terjadi ketidak seimbangan antara permintaan dan penawaran sehingga mengakibatkan turunnya harga ayam ras di tingkat peternak.

“Sejak diberlakukannya Permentan No.32 tahun 2017 saat ini mulai tahun 2018 Januari-April harga livebird di tingkat peternak relatif lebih stabil,” tutup Sugiono. (Bayu Prihartanto)

Related Post