Jelang Tahun Politik, Banyak Pejabat Lengser

166 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) mencatat hingga saat ini ada beberapa pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul, yang mengajukan pengunduran diri.

Pengunduran diri pejabat tersebut tersirat kabar beredar akan mengikuti ajang Pemilu 2019.

Kepala BKPPD, Sigit Purwanto mengatakan saat ini tiga pejabat yang dikabarkan akan mundur dan menurut kabar yang beredar akan mengikuti ajang Pemilu 2019.

“Kaitannya dengan data untuk pensiun dini beliau-beliau sudah siap, hanya saja kepastian tanggal yang belum. Ada yang minta Juli ada yang September,” kata Sigit kepada wartawan, Minggu (24/6/2018).

Lebih lanjut, Sigit belum dapat memberikan keterangan nama siapa saja yang mengajukan pensiun dini, sebelum resmi keluar SK pensiun dini.

“Masih dalam proses untuk kita kroscek. Mungkin saja ada perubahan pada tanggal pengunduran diri,” ucapnya.

Untuk kekosongan jabatan yang nantinya akan ditinggal para pejabat yang mengajukan pensiun dini itu, Sigit menjelaskan ada beberapa kemungkinan. Pertama memberi masukan kepada Bupati untuk menunjuk Pelaksana tugas (Plt).

Untuk selanjutnya dilakukan rotasi atau seleksi terbuka untuk menggantikan posisi tersebut.

“Kalau Plt, Bupati akan menunjuk. Untuk setelahnya akan dibentuk Pansel, untuk memberi rekomendasi pengganti mengisi jabatan,” jelasnya.

Dia mengatakan untuk seleksi terbuka sendiri memerlukan waktu sekitar dua bulan, sementara untuk rotasi sekitar satu bulan.

Sebelumnya, salah satu pejabat yang menyatakan mundur yaitu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Tommy Harahap. (Bayu)

Related Post