Jembatan Pelangi Diatas Kali Oya Diresmikan

310 views

Gunungkidulpost.com – Nglipar – Dibangun dengan dana hingga ratusan juta rupiah, jembatan gantung yang berada di atas sungai Oya di Padukuhan Jeruk Legi, Desa Katongan, Kecamatan Nglipar akhirnya dapat kembali difungsikan.

Jembatan yang dulu rusak akibat banjir besar yang melanda Gunungkidul pada 2017 lalu, kini berdiri kuat dengan tampilan cantik yang kemudian diberi nama Jembatan Gantung Pelangi. Sesuai namanya, jembatan yang dibangun selama kurang lebih satu tahun ini, dicat warna warni bagaikan pelangi.

Kepala Desa Katongan Jumawan menyampaikan, awalnya jembatan ini merupakan bantuan dari TNI melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pada tahun 2012. Setelah mengalami kerusakan parah pada tahun 2017, Pemerintan Desa Katongan kemudian mulai membangunnya kembali pada pertengahan 2018.

Jembatan ini total menghabiskan dana 200 juta rupiah yang bersumber dari bantuan beberapa pihak diantaranya Posko Mangkubumi Yogyakarya, Univeraitas Atma Jaya Yogyakarta, masyarakat Desa Katongan hingga Pemdes Desa Katongan sendiri.

“Pembangunannya pun melalui tiga tahap,yang pertama yaitu memperkuat pondasi dan meninggikan setinggi 1 meter dari ketinggian semula. Tahap kedua mulai pembangunan dan tahap terakhir pengecatan dan pemberian logo/nama jembatan,”terangnya saat peresmian Jembatan Gantung Pelangi,Sabtu,(20/7/2019).

Harapannya dengan setelah dibangunnya jembatan ini,tidak hanya mendukung akses warga warga terhadap layanan dasar,tetapi juga mendukung kelancaran arus lalu lintas barang dan jasa,sehingga aktivitas warga di wilayah yang selama ini terisolir akan lebih dinamis dan produktif.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu baik dalam pendanaan maupun membantu dalam bentuk tenaga,sehingga jembatan ini kembali dapat dibangun dan digunakan,”tutupnya. (Santi)

Related Post