JIBB Kunjungi Central Batik Gunungkidul

52 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Jogjakarta Internasional Batik Binnale (JIBB) 2018 lakukan berbagai kegiatan dua diantaranya adalah heritage tour yang kali ini singgah di SMK N 2 Gedangsari, dan desa kampung batik manding siber kreasi, yang bertempat di RT01/RW08, Dusun Kepek 1, Desa Kepek, Wonosari.

Ketua JIBB Tazbir mengatakan siber batik sebagai bagian dari dukungan program-program kominfo diera digital.

“Saya harap lebih banyak rumah lagi di kampung ini (kepek) sebagai kampung batik, disini banyak mural-mural saya harap ada penjelasan di setiap mural yang digambarkan di kampung ini,” katanya kepada wartawan, Kamis (4/10/2018).

Ia mengatakan jika banyak wisatawan mengunjungi kampung batik siber kreasi produk-produk batik dapat terjual dan dapat mensejahterakan masyarakat.

“Disini banyak wisatawan, mungkin selepas mereka dari pantai dapat berkunjung kesini jika kunjungan banyak maka banyak batik-batik yang dapat dijual,” ucap Tazbir.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan di Gedangsari batik menjadi muatan lokal, tidak hanya siswa SMK/SMA tetapi sejak anak dibangkub SD sudah diajarkan cara membatik.

“Itu bertujuan untuk regenerasi agar ada pembatik-pembatik muda yang tumbuh di Gunungkidul,” ucapnya.

Menurut Badingah, dengan melestarikan batik khas Gunungkidul, harapannya masyarakat terus berkreasi mengembangkan batik agar sesuai dengan zaman sekarang.

“Harapannya dengan siber kreasi dapat mengembangkan melalui internet, mulai dari pendidikan, pelatihan, berbagi wawasan. Serta dapat untuk memasarkan batik kreasinya masing-masing, dengan internet tidak perlu membuka toko,” paparnya.

Badingah menambahkan, dengan membuat krasi batik dapat mensejahterakan masyarakat, mandiri, dan masyarakat dapat berkreasi.

“Selain itu dapat melatih jiwa kewirausahaan masyarakat Gunungkidul,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post