Jumakir Penemu Sumber Mata Air Dalam Goa

55 views

Gunungkidulpost.com – Purwosari – Ditengah masa kekeringan yang melanda beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Jumakir warga Dusun Blado, Desa Giritirto, Kecamatan Purwosari menemukan sumber mata air saat hendak mencari codot/ kelelawar bersama tiga warga lainnya didalam Goa Kedung Mbangsri, Kecamatan Purwosari, Senin, (24/09) lalu.

Basi humas Polsek Purwosari, Brigadir Chrismawan Adi Nugroho menceritakannya, awalnya Jumakir dan ketiga rekannya hanya penasaran dan tidak menduga didalam goa ada sumber mata air. Mereka terus menelusuri goa tersebut hingga akhirnya tanpa sengaja menemukan sumber mata air dengan debit air yang sangat melimpah.

“Jarak sumber mata air dari mulut goa kurang lebih 700 meter. Airnya pun sangat jernih,” katanya, Rabu, (26/09).

Chrismawan mengungkapkan, pihaknya pun penasaran hingga akhirnya langsung mendatangi lokasi meski medannya sulit.

Meski didalam goa, udara tidak terlalu pengap dengan oksigen yang cukup sehingga aman untuk dimasuki.

“Jalan menuju lokasi sumber mata air tergolong sempit, berlumpur dan harus merangkak,” terangnya.

Setelah penemuan sumber mata air tersebut, tentu langsung menarik perhatian warga setempat. Banyak diantara warga yang langsung mendatangi lokasi untuk melihat langsung lokasi tersebut.

“Hingga kini warga masyarakat masih di lokasi dan berupaya untuk mengeluarkan air dengan jet pam, namun hingga saat ini masih belum berhasil,” imbuhnya. (Santi)

Related Post