Jumlah DPT Terus Berubah, Ribuan Daftar Pemilih Diperbaiki

167 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Menjelang detik-detik pelaksanaan pemilu 2019, Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) 2 terus diperbaiki.

Komisi Pemilihan Umum (KPU), Gunungkidul menetapkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) 2 mengalami perubahan yang siginfikan. Dari data sebelumnya atau DPTHP 1 DPT mencapai 596.776 menjadi 604.093 pada DPTHP 2.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, mengungkapkan perbaikan data pemilih tersebut mencapai ribuan.

Perubahan tersebut dikarenakan berbagai faktor, mulai dari orang yang meninggal, data ganda, maupun bertambah karena ada yang belum terdaftar.

“Rekomendasi itu karena ada temuan data ganda, elemen data tidak lengkap. Atas hal itu makannya harus ada perbaikan,” kata Hani kepada wartawan, Senin (12/11/2018).

Untuk membenahi daftar pemilih itu, dilakukan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) beberapa waktu lalu. Meski begitu menurutnya ada sejumlah kendala yang dihadapi, seperti masyarakat yang kurang peduli terhadap hak memilih mereka.

“GMHP sendiri dilakukan dengan posko diam maupun bergerak. Untuk posko diam ada di sekretariatan desa untuk posko yang bergerak KPU mendatangi pesantren, asrama dll,” jelasnya.

Terpisah, Komisioner bidang pengawasan, hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga Bawaslu Gunungkidul, Rosita mengungkapkan bahwa DPTHP 2 ni telah sesuai dengan harapan Bawaslu, setidaknya ada beberapa hal yang menjadi masukan atau rekomendasi Bawaslu.

Ia berharap tidak ada lagi kesalahan-kesalahan data lagi.

“Beberapa hal yang harus dicermati lagi kemarin, seperti data rusak, penduduk yang memenuhi syarat tapi belum masuk DPT dan sebaliknya,” ucap Rosita. (Bayu)

Related Post