Jumlah Kasus DBD Di Gunungkidul Turun

416 views

image

(Foto: Doc Gunungkidulpost.com)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Angka Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Gunungkidul menunjukkan penurunan lantaran peran masyarakat dalam memberantas sarang nyamuk masih tinggi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul Agus Prihastoro mengatakan dari data yang masuk sampai Januari 2017 jumlah penderita DBD di Gunung Kidul tercatat 27 orang.

“Jumlah ini jauh menurun dibandingkan tahun lalu yang mencapai 100 kasus DBD,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (13/2/2017).

menurutnya, pada tahun 2016 angka penderita DBD mencapai 1.170 orang dengan jumlah orang meninggal dunia 4 orang. Angka ini meningkat lebih dari tiga kali lipat dibandingkan 2015 dengan jumlah penderita DBD 448 orang. 

“Penyebaran penyakit yang disebabkan nyamuk ini pada 2016 didominasi oleh Kecamatan Wonosari, lalu kecamatan di sekitarnya seperti Karangmojo, Playen, dan Paliyan,” jelasnya.

Agus mengatakan untuk mengantisipasi penyebaran DBD, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan pembagian abate melalui puskesmas.

“Untuk fogging kami tidak boleh sembarangan karena nyamuk bisa resisten terhadap obat, ini cukup berbahaya,” pungkasnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post