Jumlah Pelanggar Lalu Lintas Naik

97 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Jumlah pelanggaran lalu lintas di wilayah Gunungkidul mengalami kenaikan yang sangat pesat.

Data dari Satuan Lalu Lintas Polres Gunungkidul menyebutkan di 2016 terdapat 6.511 kasus pelanggaran. Adapun rinciannya, sebanyak 4.937 kasus dikenai sanksi tilang dan 1.574 pelanggar mendapatkan teguran.

Sedangkan untuk kejadian di 2017, jumlah pelanggar meningkat hampir empat kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2017 tercatat 24.615 pelanggar, dengan rincian 11.101 berupa sanksi tilang dan 13.514 pengendara dikenai teguran.

Kepala Polres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuadi mengakui kasus pelanggaran di Gunungkidul mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Kondisi ini tidak lepas dari upaya jajaran satlantas untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dengan jalan menggalakkan razia.

Oleh karenanya, saat dilakukan razia kendaraan bermotor banyak pengendara yang terjaring dikarenakan tidak menaati tata tertib berlalulintas.

“Jumlah pelanggaran yang terjadi bermacam-macam seperti kelengkapan kendaraan kurang, spesifikasi tidak sesuai standarisasi pabrikan hingga kelengkapan surat-surat,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Jumat (5/1/2018).

Menurut dia, dengan giat razia yang dilakukan dapat menekan angka kecelakaan di Gunungkidul.

“Naiknya jumlah pelanggaran lalu lintas tidak lepas dari intensitas razia yang dilakukan. Namun dari sisi dampak, peningkatan razia dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan,” tutunya. (Heri)

Related Post