Jumlah Wisatawan Ditarget 3,5 Juta Orang

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pada tahun 2018 ini Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menargetkan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 3.583.857 orang atau jumlah pendapatan mencapai Rp 28.246.144.000.

Hal itu seperti yang diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Harry Sukmono, Minggu (28/1/2018) kemarin. Pihaknya pun terus perupaya untuk meningkatkan jumlah wisatawan dengan berbagai cara seperti misalnya membuat event di kawasan wisata.

“Kami targetkan sebanyak 3,5 juta lebih wisatawan datang ke Gunungkidul. Pendapatan dari wisata pun ditargetkan sampai Rp 28 Miliar,” ujarnya kepada wartawan.

Pada tahun 2018 ini pihaknya melakukan penambahan fasilitas di luar akomodasi di obyek wisata mulai dari rumah makan, restoran, toko cenderamata, serta fasilitas umum seperti mushola maupun toilet serta rest area.

“Hal ini kami lakukan untuk memberikan pelayanan ekstra kepada wisatawan, agar mereka dapat tertarik dan berkunjung ke Gunungkidul,” ujar Harry.

Lanjut Harry, dalam pengelolaan pariwisata pihaknya akan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya sehingga target pariwisata di Gunungkidul dapat terpenuhi.

“Seperti di Dinas Perhubungan (Dishub) serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Dishub nantinya akan menangani permasalahan perparkian di obyek wisata sementara DLH akan menangani masalah kebersihan,” ungkapnya.

Namun hingga kini dikatakannya, dukungan akomodasi belum banyak, baik penginapan maupun hotel representatif yang masih belum banyak.

Hal ini diperlukan untuk meningkatkan length of stay wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul.

“Oleh karena itu, perlu akomodasi lebih banyak untuk menggenjot kunjungan dan pendapatan dari wisata,” tutup Hary. (Bayu)

Related Post