Kades Dadapayu Resmi Dicopot

image

(Foto: Doc Gunungkidulpost.com)

Gunungkidulpost.com – Semanu – Bupati Gunungkidul resmi mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pemberhentian Kepala Desa (Kades) Dadapayu, Kecamatan Semanu.

Konflik berkepanjangan antara kepala desa dan warga di desa tersebut menjadi salah satu latar belakang pemberhentian kades.

Camat Semanu, Huntoro Purbo Wargono mengatakan, Kades Dadapayu, Rukamto resmi diberhentikan. Pemberhentian tersebut berdasarkan SK Bupati Gunungkidul Nomor 141/08/Pb/KTSP/2017.

“Mulai Jumat, (22/9/2017) lalu resmi diberhentikan dan diganti oleh pejabat sementara,” katanya saat dihubungi Gunungkidulpost.com, Senin (25/9/2017).

Setelah diberhentikan, kemudian bupati juga mengeluarkan SK Nomor 141/09/Pj/KTSP/2017 tentang Pengangkatan Saudara Sudiyono Sebagai Pejabat Sementara (Pj) Kades Dadapayu. Sudiyono yang merupakan Kasi Tata Pemerintah Kecamatan Semanu akan menjabat selama kurang lebih enam bulan sebelum adanya pemilihan kades yang baru.

“Pemkab menunjuk Sudiyono Sebagai Pj Kades Dadapayu,” ucapnya.

Sementara itu, Rukamto yang sudah diberhentikan dari tugasnya sebagai Kades Dadapayu mengaku tidak menerima keputusan pemecatan dirinya. Dia beranggapan, pemberhentian dengan SK bupati cacat hukum.

“Saya akan melawan, pelantikan itu tidak sah dan saya akan tetap ngantor,” tandasnya.

Meski tidak bisa menjelasakan secara rinci dimana letak ketidak absahan terhadap pemberhentian dan pelatikan jabatan kades, dia tetap merasa perlu mempertahankan posisinya sebagai kades. Oleh sebab itu, pihaknya sengaja tidak datang memenuhi undangan panitia pelantikan Pj kades. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post