Kali Oya Meluap, Jalur Jogja – Wonosari Lumpuh Total

493 views
image

Jalur Jogja-Wonosari Lumpuh Total Akibat Genangan Air Di Komplek Kali Oya. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Playen – Meluapnya air dari Kali Oya menyebabkan jalan Yogya-Wonosari tidak bisa dilalui sampai saat ini, untuk sementara jalur dialihkan dari arah Sambipitu hingga melewati Kecamatan Nglipar.

“Sementara jalur dialihkan dari arah Sambipitu ke Nglipar, jadi untuk arus dari Wonosari, dan juga Yogya tidak bisa dilewati,” ujar Bripka Giman, Bhabinkamtibmas Desa Bunder, Polsek Patuk, Selasa (28/11/2017).

Ia mengatakan penyebab dari meluapnya Kali Oya ke jalan dikarenakan kali bagian utara tidak bisa menampung debit air yang mengalir dari Kali Oya.

“Kali Oya itu kan besar, terus kali sebelah utaranya itu kecil, jadi tidak bisa menampung debit air yang mengalir,” jelasnya.

Tinggi air yang meluap ke jalan sekitar satu meter lebih, atau setinggi perut orang dewasa. Kendaraan bermotor tampak memutar arah untuk melewati jalur Nglipar.

Giman mengatakan, ada sekitar 10 sampai 15 rumah yang terkena dampak luapan air Kali Oya. Meski begitu, sementara tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Warga yang rumahnya terkena luapan air Kali Oya telah dievakuasi ketempat yang lebih tinggi.

“Warga bersama Bhabinkamtibmas membantu evakuasi kendaraan yang macet, kita membantunya dengan mendorong kendaraan itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Tarsih, warga Desa Bunder, Patuk, Gunungkidul mengatakan, hujan sudah berlangsung dari kemarin, dan belum berhenti sampai sekarang.
Hujan deras ini diketahuinya sudah berlangsung dari jam 09.00 WIB, dan membuat khawatir dirinya dan warga yang lainnya.

“Kemarin hujannya tidak sederas ini, hanya hujan biasa saja sama rintik-rintik, sekarang ini deras jadi air dari Kali juga ikut meluap,” bebernya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post