Kampung Genting Mulai Menggeliat

624 views
image

Produksi Genting Masih Gunakan Cara Tradisional. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Ngawen – Kabupaten Gunungkidul terdapat sebuah kampung yang memiliki nama unik, yakni kampung Genting yang berada di Padukuhan Sambeng, Desa Sambirejo, Ngawen. Dinamakan kampung genting dikarenakan hampir seluruh warga yang ada berprofesi sebagai pembuat genting rumah.

Tak perlu kawatir mengenai kualitas produk, sebab proses pembuatan masih menggunakan cara tradisional. Bahkan sejumlah produsen berani memberikan garansi jika produknya bermasalah.

Dari tangan warga, ratusan ribun genting berhasil dicetak setiap harinya.

Salah seorang pengrajin Genting, Paijo Pranoto mengatakan, perajin disini tak pernah merasa kawatir akan ketersediaan tanah liat, sebab stok tanah yang ada masih sangat cukup banyak. Bahkan sejumlah produsen disini berani memberikan garansi jika produknya tidak sesuai dengan harapan pembeli.

“Sebagin perajin genting disini berani memberikan garansi jika genting ada yang bocor maupun tidak sesuai dengan permintaan pembeli,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (9/3/2017).

Selain itu, keunggulan genting selain diberikannya garansi warga masih menggunakan cara tradisional untuk memproduksi genting yang lebih berkualitas. Dia menambahkan, satu orang pekerja mampu menghasilkan 500 buah genting dalam kurun waktu satu hari.

“Dari bahan baku tanah liat dicetak dengan alat tradisional lalu dijemur dibawah terik matahari hingga beberapa hari dan dibakar,” jelasnya.

Salah satu Pemilik Kerajinan Genting, Paijo Siswo Pranoto mengatakan, kerajinan genting ini sudah dipasarkan hingga ke pulau Jawa. Namun pihaknya mengeluh saat memasuki musim penghujan seperti ini. Proses penjemuran akan menjadi kendala tersendiri. Yang biasanya hanya membutuhkan waktu selama tiga hari, namun saat hujan proses penjemuran memakan waktu hingga sepekan.

“Faktor cuaca akan menjadi hambatan proses pembuatan genting, untuk itu kami harus lebih bersabar,” ungkapnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post