Kampung KB Dibentuk, Ciptakan Manusia Berkualitas

134 views

Gunungkidulpost.com – Semanu – Keluarga Berencana (KB) tidak hanya dimaknai sebagai upaya pengendalian kelahiran semata, akan tetapi juga membangun kesadaran setiap keluarga agar memiliki dukungan sosial budaya, ekonomi, pendidikan dan kesehatan yang memadai.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Kabupaten Gunungkidul, Hj. Badingah, S. Sos, saat meresmikan kampung KB di Padukuhan Ngalangombo, Desa Dadapayu, Kecamatan Semanu, Selasa, (27/2/2018).

Kampung KB dibentuk sebagai satu upaya penguatan program kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat.

“Ini adalah upaya memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan KB,” jelas Badingah.

Bupati berharap, melalui kampung KB akan menjadi pusat integrasi sebagai program pemerintah mulai dari peningkatan kesehatan, pendidikan, program padat karya tunai berbasis dana desa, penyediaan akses air bersih dan sanitasi serta ketahanan pangan.

“Dengan KB yang berkualitas, semoga dapat menciptakan manusia yang berkualitas dimasa yang akan datang,” ujarnya.

Meski tantangan kependudukan di Gunungkidul semakin komplek, Bupati optimis bahwa dengan komunikasi, koordinasi dan kerjasama yang baik, dapat diwujudkan masyarakat Gunungkidul yang berdaya saing, semakin maju mandiri dan sejahtera. (Santi)

Related Post