Kantor Samsat Kebanjiran Pengunjung

473 views


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kantor Samsat Gunungkidul kebanjiran wajib pajak menjelang diberlakukannya kenaikan tarif pajak seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang jenis tarif penerimaan negara bukan pajak (PNBP) Polri.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Samiyono mengatakan, hari ini kenaikan pengurusan wajib pajak kendaraan mencapai lebih dari tiga kali lipat. Hal tersebut lantaran masyarakat tidak ingin dibebani kenaikan sejumlah pajak sesuai dengan PP 60 tahun 2016. “Kenaikan pengunjung sudah dimulai sejak kemarin, dan hari ini naik lebih dari tiga kali lipat,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (5/1/2016).
Dia menuturkan, beberapa jenis kendaraan akan mengalami kenaikan diantaranya pada tarif pengesahan STNK, tarif Nomor Register Kendaraan Bermotor (NRKB) pilihan atau yang bisa dikenal nomor cantik, tarif SIM untuk C1 dan CII, dan D. Untuk pengesahan STNK roda dua ataupun tiga sebesar Rp 25 ribu. Sedangkan untuk kendaraan roda empat ataupun lebih sebesar Rp 50 ribu. “Penerbitan TNKB atau plat nomor untuk roda dua naik jadi Rp 30 ribu. Dan untuk roda empat jadi Rp 50 ribu,” jelasnya.

Menurut Samiyono, antisipasi banyaknya masyarakat yang hendak membayar pajak kandaraan akan dilayani hingga pukul 13.00 WIB. Pihaknya pun juga membuka layanan samsat keliling untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung. “Pendafataran akan dilayani sampai pukul 13.00 WIB,” bebernya. (Bayu)

Related Post