Kasus Kecelakaan Selama Setahun Menurun

180 views

(Foto: Dok Gunungkidulpost.com)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Selama hampir satu tahun, kasus kecelakaan di Gunungkidul mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2016 lalu.
Diketahui dari laporan kecelakaan yang masuk, ada 423 kasus yang terjadi pada tahun 2017. Sedangkan pada tahun 2016 ada 486 kasus kecelakaan.

Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Gunungkidul, AKP Mega Tetuko, mengatakan meski jumlah kasus kecelakaan menurun namun, jumlah korban yang meninggal dunia pada tahun 2017 lebih banyak.

Sejak awal tahun 2017 hingga pertengahan Desember 2017, telah ada 76 korban jiwa, dan pada tahun sebelumnya lebih sedikit, berjumlah 74 jiwa.

“Memang untuk korban meninggal dan jumlah kerugian meningkat jika dibandingkan dengan kejadian di 2016 lalu,” ucap AKP Mega Tetuko, Jumat (22/12/2017) kemarin.

Ia menjelaskan, hingga pertengahan Desember terdapat 76 korban meninggal dunia dengan nilai kerugian Rp 204,4 juta.

Sedang di tahun lalu jumlah korbanmeninggal mencapai 74 jiwa dan kerugian Rp 142,2 juta.

“Ini jadi perhatian kami, meski angka kecelakaan menurun, tapi dari sisi kerugian masih tinggi,” paparnya.

Faktor penyebab nilai kerugian dari kecelakaan belum bisa ditekan. Mega mengambahkan, selain karena masalah kesadaran masyarakat yang masih kurang terkait tertib lalu lintas, hal tersebut juga disebabkan oleh kondisi jalanan di Gunungkidul.

“Jalan di Gunungkidul yang berbukit dan relatif sepi sehingga dominan mengakibatkan kecelakaan yang fatal,” tutupnya. (Heri)

Related Post