Kecamatan Rongkop Digagas Jadi Pengembangan Iptek

284 views

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari -Meski berada di daerah perbatasan, Kecamatan Rongkop terpilih sebagai salah satu kecamatan Pengembangan Iptek karena mempunyai potensi daerah dan alam yang sangat mendukung. Terlebih dengan adanya pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Hal ini tentu akan memudahkan akses menuju wilayah Rongkop.

“Dijaman yang serba canggih, modern, perkembangan semakin pesat, tentu harus dibarengi dengan peningkatan SDM dengan cara memberikan pengetahuan tentang teknologi. Hal ini agar mereka tidak dibilang ketinggalan jaman, ” ujar Sri Suhartanto,  Kepala Bapedda Gunungkidul.

 

Gunungkidul sangat berpotensi untuk dikunjungi wisatawan dari berbagai panjuru, baik lokal maupun wisatawan dari luar daerah. Hal ini sudah menjadi dorongan bagi masyarakat, untuk meningkatkan kualitas dari berbagai aspek, demi menunjang potensi wisata yang ada di Gunungkidul. 

Suhartanto menjelaskan, untuk menjadikan Rongkop sebagai Kecamatan Pengembang Iptek, Pemkab Gunungkidul menggandeng sejumlah instansi untuk mensukseskan program ini, satu diantaranya yaitu Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Yogyakarta. 

“Masyarakat setiap desa di Kecamatan Rongkop diberikan pelatihan mengenai usaha menengah kecil, peternakan dan beberapa pelatihan mengenai cara mengembangkan suatu wilayah untuk menjadi lebih maju lagi,” jelasnya saat menggelar seminar di Bangsal Sewokoprojo, Rabu, (22/11/2017).

Suhartanto melanjutkan, beberapa UMK sudah mulai berjalan,tahun berikutnya tentu akan lebih banyak lagi UMK yang jalan. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat merubah pandangan dan pola pikir masyarakat mengenai wisata dan iptek.

“Dengan adanya kemajuan disetiap daerah, tentu akan berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat di wilayah itu sendiri. Pandangan dan pola fikir haruslah di ubah menjadi lebih modern demi mendukung visi misi Gunungkidul dalam mengembangkan kemajuan pariwisata, ” pungkasnya. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post