Kekerasan Disekolah Masih Terjadi, Mengapa??

256 views
image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kekerasan di lingkup sekolahan masih tinggi. Kasus tersebut banyak dilakukan oleh karyawan sekolah, guru, maupun teman sebaya kepada murid.

Hal itu banyak terjadi lantaran belum ada sistem yang jelas dalam upaya penanganan kekerasan di lingkungan sekolah.

Manager Divisi Pendampingan, Rifka Annisa, Indiah Wahyu Andari mengatakan, selama ini kekerasan di lingkungan sekolah masih kerap terjadi. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Rifka Anisa mencatat kasus kekerasan di lingkungan sekolah banyak terjadi sepanjang tahun.

“kekerasan yang sering dijumpai seperti kekerasan seksual, kekerasan fisik, kekerasan psikis, perundungan, dan juga ekpolitasi,” katanya kepada wartawan, Senin (13/11/2017).

Dia menuturkan, kasus tersebut banyak terjadi lantaran belum ada sistem yang jelas dalam upaya penanganan kekerasan di lingkungan sekolah.

“Sering kali sekolah itu gagap dalam mengatasi kasus kekerasan yang terjadi, sehingga penanganannya jadi berbeda-beda,” tuturnya.

Sementara itu, Penilik Madya Pendidikan Anak Usia Dini, UPTD Disdikpora Gunungkidul, Sugiran mengakui selama ini belum ada himbauan khusus ke sejumlah sekolah terkait dengan penanganan kekerasan. Selain itu memang belum ada standart khusus dalam penganaman kekerasan di sekolah.

“Nanti saya akan menghadap kepala dinas [Disdikpora] agar dibuat surat edaran khusus supaya sekolah-sekolah melaksanakan upaya penanganan kekerasan sesuai standart,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan mendorong supaya Disdikpora dapat segera memiliki tim khusus untuk melakukan pemantauan di setiap sekolah.

“Berdasarkan pengamatannya selama ini kasus kekerasan di lingkungan sekolah memang jumlahnya masih tergolong sedikit. Namun kasus kekerasan dilingkungan sekolah banyak terjadi,” tutupnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post