Kekeringan Meluas, 10 Kecamatan Jadi Korban Kekeringan

55 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul telah melakukan droping di tiga wilayah kecamatan.

Hal itu dilakukan untuk membantu warga terdampak kekeringan diawal musim kemarau.

Ketiga kecamatan itu adalah Girisubo, Paliyan, dan Kecanatan Rongkop. Namun kondisi kekeingan saat ini telah meluas hingga 10 kecamatan.

Oleh sebab itu, BPBD mulai menyiapkan droping ke berbagai daerah terdampak kekeringan.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki, mengatakan kekeringan di Kabupaten Gunungkidul telah dirasakan oleh 10 kecamatan.

10 kecamatan tersebut adalah Kecamatan Girisubo, Rongkop, Purwosari, Tepus, Ngawen, Ponjong, Semin, Patuk, Semanu, dan Paliyan.

“Kami dari BPBD telah melakukan droping air sejak tanggal 1 Juni ke Kecamatan Paliyan dan Girisubo. Setelah Lebaran kita tambah droping ke Kecamatan Rongkop,” ucapnya, Senin (17/6/2019).

Edy mengatakan kesepuluh kecamatan yang terdampak kekeringan ke depan juga akan mengajukan bantuan saat masyarakat sudah membutuhkan.

Hingga saat ini baru ada 3 kecamatan yang mengajukan bantuan droping air ke BPBD Gunungkidul.

“Droping dalam waktu dekat akan bertambah lagi yaitu ke Kecanatan Tepus, karena Kecanatan Tepus sudah mengajukan droping air. Untuk droping air pada tahun ini kita siapkan sebesar Rp530 juta,” katanya.

Anggaran sebesar Rp 530 juta itu nantinya untuk membantu droping air sebanyak 2.200 tangki. (Bayu)

Related Post