Kekeringan Meluas, Aksi Droping Air Sasar Warga Pesisir

189 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kekeringan yang terjadi di sejumlah daerah Kabupaten Gunungkidul kini nampak meluas. Masyarakat pun mulai kesulitan untuk mendapatkan air bersih, Jumat, (19/07/2019).

Adanya kekeringan yang melanda di wilayah Gunungkidul, Putra asli warga Desa Kedungpoh, Kecamatan Nglipar, Kolonel Inf Dr. H.Tugiman, SH. M.Si, beberapa waktu lalu menyempatkan diri untuk pulang ke kampung gaplek untuk menyempatkan jalan-jalan ke wilayah Kecamatan Tepus, Rongkop, Dan Kecamatan Girisubo.
Kolonel Tugiman, selama ini telah banyak memakan asam garam di berbagai daerah penugasan di Indonesia, dan mengerti akan nasib saudara-saudaranya di Gunungkidul.

Kecintaan dan kebanggaan ia terhadap Gunungkidul, dimana tempat Tugiman dilahirkan sekaligus tempat dirinya ditempa, sehingga mengantarkan dirinya sukses karirnya baik di Militer, pendidikan, maupun di bidang lainya.
Terkait kekeringan yang melanda di sejumlah Kecamatan yang berada di Kabupaten Gunungkidul, Tugiman pun merasa terpanggil untuk sedikit membantu saudaranya yang bertempat tinggal di daerah yang kesulitan air bersih.

Bekerjasama dengan BPBD Gunungkidul dan media Info Gunungkidul, 30 Tangki air bersih dikirimkan ke 3 Kecamatan yang berada di Gunungkidul, mulai dari Kecamatan Girisobo, Rongkop dan Tepus.
Menurut Tugiman, bantuan air bersih sekedar berbagi dan membantu warga yang kesulitan air bersih yang berada di Gunungkidul.

“Saya lahir dan besar dari kota Gaplek Gunungkidul, dan saya pun bangga dengan saudara-saudara saya di Gunungkidul, karena justru ditengah kesulitan ada hikmah, sekaligus melatih kita untuk bekerja keras, bergotong royong dan saling membatu dengan semangat Guyub,” ujarnya.

Tugiman juga beropsesi, bagaimana pentingnya solusi jangka panjang untuk mengentaskan persoalan air bersih di Gunungkidul yang sudah menjadi tradisi menahun tersebut.

“Kekeringan di Gunungkidul harus segera tertangani agar masyarakat makin ayem dan tentrem,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan bahwa, di Gunungkidul saat ini kekeringan sudah mulai meluas, ia pun bersyukur dengan adanya pihak swasta khususnya kepada Kolonel inf Dr Tugiman, SH, M.Si yang peduli terhadap daerahnya di Gunungkidul yang mengalami kekeringan.

“Sementara saat ini bantuan 30 tangki sangat bermanfaat dan membantu warga yang kekurangan air bersih, pada khususnya di wilayah selatan,” katanya.

Edy menjelaskan, ada beberapa titik di beberapa kecamatan yang sampai saat ini mengalami krisis air bersih.

“Hingga saat ini baru ada 8 kecamatan yang mengajukan bantuan air bersih ke kantor BPBD Gunungkidul,” jelasnya.

Ia menambahkan, dari 8 kecamatan tersebut, yang sudah mengajukan bantuan air bersih diantaranya, Kecamatan Rongkop, Tepus, Girisubo, Paliyan, Panggang, Tanjungsari, Purwosari dan Ngawen.

“Jika ada bantuan dari pihak swasta, perorangan, maupun lembaga harap berkoordinasi dengan kita, sehingga nantinya kita bisa mengarahkan mana yang membutuhkan air bersih selanjutnya, jadi bantuan tidak hanya di lokasi itu-itu saja,” urainya. (Heri)

Related Post