Kekurangan 800 Guru PNS, Dinas Andalkan Tenaga Honorer

image

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul Bahron Rasyid. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Banyaknya guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memasuki masa purna tugas (pensiun) membuat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul mulai memutar otak.

Berdasarkan data yang ada tiap tahunnya guru yang memasuki masa pensiun mencapai 200 orang lebih. Sementara pemerintah pusat hingga saat ini tidak membuka lowongan CPNS untuk formasi guru. Hal itu membuat sekolah kualahan dan hanya mampu mengandalkan tenaga honorer untuk mendampingi anak dalam kegiatan belajar mengajar.

“Pada tahun 2017 ini kami mengalami kekurangan 800 guru SD, dan kami hanya bisa mengandalkan tenaga honorer,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul Bahron Rasyid saat ditemui Gunungkidulpost.com, Selasa (29/8/2017).

Menurut Bahron, sebenarnya mulai tahun-tahun yang lalu Gunungkidul sangat kekurangan guru SD yang berstatus PNS pihaknya pun telah melaporkan dan koordinasi dengan Pemkab. Namun kembali kedalam kebijakan pemerintah pusat yang selama ini belum membuka formasi CPNS.

Untuk itu dirinya pun berharap kepada sekolah untuk terus dapat bekerjasama dengan baik antara tenaga GTT dan PTT. Bagaimana pun juga tenaga honorer sangat dibutuhkan untuk membantu dalam upaya melayani pendidikan anak.

“Sekolah jangan terlalu membebani tugas honorer, mengajar dan melakukan tugas dengan tanggung jawab itu sudah luar biasa. Kasian kan gajinya saja hanya sedikit kok mau dituntut ini itu kan ya namanya menindas kalau seperti itu,” tandas Bahron.

Dia pun manambahkan, dalam waktu dekat akan segera Disdikpora akan segera melakukan koordinasi untuk mengeluarkan surat tugas bagi GTT dan PTT sebagai tanda bukti bawa diakui dalam menjalankan tugasnya dilingkup sekolah.

“Ini segera kami koordinasikan kepada semua pihak nantinya akan kami keluarkan surat tugas untuk tenaga honorer,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post