Kembangkan Geosite Fosil Biota Laut Jadikan Obyek Wisata

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Paska penandatangan kerjasama pengelolaan Gunungsewu oleh Bupati Gunungkidul, Bupati Pacitan, dan Bupati Wonogiri. Pemerintah pun bergerak cepat dalam pengelolaan Gunungsewu yang merupakan salah satu jaringan Global Geopark Network (GNN). Salah satu geosite fosil biota laut yang akan dioptimalkan jadi objek wisata (obwis) .

Sekretaris Geopark Gunungsewu Hary Sukmono mengatakan, potensi geoside berupa kekayaan fosil biota laut ada di bawah Jembatan Ngalang, Kecamatan Gedangsari.

“Geoside fosil biota laut berupa endapan laut miosen awal dengan nama Formasi Sambipitu ke depan akan dioptimalkan,” katanya, Sabtu (1/7/2017).

Untuk mendorong pengembangan dan perlindungan di lokasi, pihaknya terus berperan serta mengajak masyarakat agar membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Dengan terbentuknya Pokdarwis, secara otomatis lokasi geoside terjaga dengan baik.

Mantan Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbubpar) Gunungkidul tersebut melanjutkan, lokasi yang terletak di bawah jembatan Ngalang tersebut terhampar bebatuan mirip cacing.

“Tersebar hampir di seluruh pelataran. Setiap musim penghujan selalu dialiri air sungai,” jelasnya.

Menurut Hary, Formasi Sambipitu merupakan fasa sedimentasi setelah peletusan Gunung Api Purba Nglanggeran menghasilkan endapan laut terbentuk sekitar 16 juta tahun lalu. Bentuk menyerupai cacing merupakan endapan fosil biota laut.

“Longsoran bawah laut yang dialami oleh sedimen pasir, lempung dan serpih menghasilkan struktur sedimen unik seperti lapisan terpelintir. Formasi Sambipitu tergolong unik,” pungkas dia.

(Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post