Kembangkan Kakao, Pemerintah Tetapkan Kawasan Hutan Jadi Kebun Induk

558 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Guna meningkatkan pertumbuhan kebun kakao di Gunungkidul. Pemerintah mulai menetapkan kawasan hutan menjadi kebun induk. Penambahan kebun ini akan tersebar diseluruh kecamatan, dengan begitu kesejahteraan petani terpenuhi.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan, jikan pengembangan kebun kakao tersebut sudah dilakukan sejak 2011 lalu. Untuk mendukung sarana dan prasarana kebun kakao tersebut, pemkab selanjutnya melakukan penambahan fasilitias para petani kakao.

“Penambahan fasilitas itu dapat mencukupi kebutuhan benih. Disamping itu juga dapat menjadikan wisata agribisnis dan edukasi pengembangan kakao,” katanya, Kamis (8/12/2016).

Menurut Bambang, penambahan kebun kakao ini dilakukan setiap tahunnya, dengan alokasi anggaran baik melalui APBD maupun kementrian pusat. 

“Pelaksanaan pengembangan kebun induk kakao diharapkan mampu memacu pertumbuhan tanaman kakao dan pasar ekspor,” ujarnya.

Menurut Bambang, program tersebut dapat mencukupi kebutuhan benih di DIY. Nantinya jenis kakao yang dikembangkan di Gunungkidul tersebut, mampu menghasilkan 1,6 ton sampai 2,5 ton per hektar. “Selain hasil perkebunan, kesejahteraan para petani kakao di Gunungkidul meninglat,” pungkasnya. (Nena)

Related Post