Kembangkan Program Pendidikan, Gunungkidul Jalin Kerjasama Dengan Negara Tetangga

230 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Bertempat di Bangsal Sewokoprojo Kabupaten Gunungkidul, digelar Gala Dinner Sister School Pragramme antara Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dengan Delegasi SMK Paya Kemuning Malaysia, Sabtu, (2/2/2019) malam.

Kepala Sekolah SMP AL Mujahidin Agus Suroyo menyampaikan, acara ini digelar dari hasil kerjasamanya dengan Delegasi SMK Paya kemutih Malaysia yaitu kerjasama dalam pendidikan , budaya bagi Program Sister School Programme sejak tahun 2016 lalu.

“Kerjasama ini tidak hanya dengan SMP Al-Mujahidin tapi bisa kepada sekolah-sekolah Negeri lainnya di Gunungkidul,” kata Agus.

Dalam acara ini, ada 16 orang dari Malaysia yang akan bersama-sama belajar dengan siswa siswi maupun para guru di Gunungkidul untuk mendapatkan Ilmu untuk kemajuan bersama dalam pendidikan.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi menyampaikan, kerjasama yang telah terjalin dalam pendidikan antara SMP Muhamadiyah Al Mujahidin dengan Delegasi SMK dari Malaysia supaya semakin baik, yakni dalam hal pendidikan dengan Inisiatif dan Inofatif untuk kemajuan bersama.

“Ilmu itu sanggat penting,sehingga penting untuk kita saling bertukar ilmu , pengalaman, hingga cara mendidik para siswa agar tercipta anak didik yang handal dan profesional,” kata Immawan saat membacakan amanat dari Bupati Gunungkidul, Badingah.

Immawan mengatakan, pemerintah sangat mendukung program Sister School sebagai salah satu program pembelajaran siswa sekolah yang berbasis praktik dan berbagi pengalaman diantara sekolah-sekolah dari adat budaya dan bangsa yang berbeda.

Model pembelajaran antar sekolah ini memiliki banyak keunggulan dan menjadi pilihan tepat, karena memberi ruang dan kesempatan yang lebih leluasa bagi siswa sekolah maupun para guru, untuk belajar sekaligus berpraktik berdasarkan pengalaman-pengalaman yang didapat dari berbagai sumber.

“Belajar melalui pengalaman langsung dari suatu institusi maupun personal, akan sangat efektif serta memberi dampak positif yang lebih beragam bagi para siswa sekolah, apabila dipraktekan dalam proses pembelajaran siswa di sekolah,” katanya.

Maka dari itu, program sister school juga diharapkan akan terus berkelanjutan dalam kerja sama saling meningkatkan kualitas pembelajaran, tata kelola lembaga pendidikan maupun pengalaman siswa-siswa sekolah dari berbagai bangsa dan negara. (Santi)

Related Post