Kemiskinan Di Gunungkidul Turun 2 Persen

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Angka kemiskinan di Gunungkidul mengalami penurunan cukup signifikan. Pada survei sosial ekonomi 2015, diketahui angka kemiskinan di Gununungkidul sebesar 21,73 persen. Angka tersebut menjadi yang tertinggi di DIY. Namun pada survei sosial ekonomi 2016 lalu hasilnya turun secara signifikan.

Kepala BPS Kabupaten Gunungkidul, Sumarwiyanto memperkirakan penurunan angka kemiskinan di Gunungkidul itu disebabkan pesatnya perkembangan pariwisata selama beberapa tahun terakhir. Terlebih, semakin banyaknya objek wisata yang dikelola langsung oleh masyarakat, menimbulkan multiefek yang baik bagi perekonomian. Pasalnya masyarakat menerima pendapatan langsung dari sektor pariwisata.

Banyaknya pariwisata di Gunungkidul menimbulkan multiefek yang baik bagi perekonomian,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (15/6/2017).

Dia menjelaskan  angka kemiskinan di Gunungkidul mengalami penurunan yang cukup signifikan. Pada survei sosial ekonomi 2015, diketahui angka kemiskinan di Gununungkidul sebesar 21,73 persen. Angka tersebut menjadi yang tertinggi di DIY. Namun pada survei sosial ekonomi 2016, hasilnya menurun signifikan. Survei tetap dilakukan dengan cara yang sama dengan sebelumnya, yakni dengan mengambil sampel 10 rumah tangga. Dan hasilnya menunjukkan, angka kemiskinan menurun menjadi 19,34 persen.

“Survei sosial ekonomi 2016, hasilnya menurun secara signifikan. Dan tercatat kemiskinan turun menjadi 19,34 persen,” bebernya.

Sumarwiyanto mengatakan penurunan angka kemiskinan memang terjadi di seluruh kabupaten/kota yang ada di DIY, namun penurunan yang paling signifikan adalah di Gunungkidul.

“Sekarang Gunungkidul nomor empat [dari empat kabupaten dan satu kota di DIY]. Yang tertinggi [angka kemiskinan] itu di Kabupaten Kulonprogo,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post