Kenaikan Dana Parpol Masih ‘Ngambang’

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Pusat telah memutuskan adanya kenaikan dana bantuan untuk partai politik (parpol) hampir sepuluh kali lipat, dari Rp108 per suara menjadi Rp1000 per suara.

Namun di tingkat kabupaten hingga saat ini kenaikan tersebut belum jelas.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Gunungkidul, Wahyu Nugroho mengatakan, adanya kenaikan dana bantuan parpol di tingkat pusat. Namun saat ini pihaknya belum mengetahui secara pasti terkait kenaikan dana tersebut.

“Kami belum tau secara pasti adanya kenaikkan dana bantuan parpol,” kata dia kepada Gunungkidulpost.com, Rabu (30/8/2017).

Wahyu mengaku jika memang dalam undang-undang diamanahkan untuk adanya kenaikan dana bantuan partai politik pihaknya siap melaksanakan.

“Kami tidak tahu kemungkinan berapa jumlah kenaikannya. Tapi mungkin besaran [kenaikkan dana bantuan parpol] di masing-masing kabupaten itu akan berbeda sesuai dengan kondisi keuangan masing-masing,” ulasnya.

Lanjutnya lagi selama ini total pemerintah kabupaten mengeluarkan anggaran Rp1,08 miliar setiap tahunnya untuk dana bantuan parpol.
Setiap partai mendaptkan dana bantuan yang berbeda-beda tergantung jumlah suara yang di dapat saat pilkada.

“Setiap partai mendapatkan bantuan berbeda-beda karena tergantung jumlah  suara yang masuk,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post