Kendaraan Penyandang Disabilitas Butuh Standard baku

405 views







Gunungkidulpost.com – Wonosari – Penyandang disabilitas di kabupaten Gunungkidul meminta kepada para produsen kendaraan agar membuat standart tersendiri bagi para penyandang disabilitas yang ada. Sebab sering kali mereka hanya memodifikasi kendaraan sendiri tanpa ada standard yang sama.

Ketua Forum komunikasi Disabilitas Gunungkidul (FKDG) Risma Wira Barata mengatakan, kebanyakan kaum penyandang disabilitas menggunakan kendaraan hasil modifikasi sendiri.”Kami berharap agar produsen kendaraan bisa membuat kendaraan yang standart bagi disabilitas,” katanya.

Risma Barata menjelaskan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Dishubkominfo Gunungkidul namun sayangnya sampai saat ini belum ada respon yang positif.”APalagi saat ini sudah ada Undang-undang (UU) Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas telah disahkan,’ ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang penyandang disabilitas asal Getas, Playen, Supriyadi mengatakan bahwa dirinya sudah 4 tahun menggunakan kendaraan modifikasinya sendiri.Pihaknya mengaku untuk melakukan modifikasi pihaknya menghabiskan dana sebesar 3 juta rupiah.”Saya membuat kendaraan ini di tukang las. Kalu menggunakan kendaraan standart jelas tidak mungki,”katanya

Terpisah, Kapolres Gunungkidul AKBP Nugrah Tri Hadi mengakui terus berupaya meningkatkan pelayanan pembuatan SIM D bagi penyandang disabilitas.”Untuk meningkatkan pelayanan kepada saudara kaum difabel hari ini kita menandatangani kesepakatan dengan SIGAB. Mereka akan mendampingi saat ada dofabel yang terkena masalah hukum, karena perlu keahlian khusus saat memeriksa beberapa penyandang difabel,”ucapnya. (Maya)

Related Post