Kepala Disdikpora Jamin Pasha Sekolah Lagi Sampai Siap Belikan Sepeda Baru

215 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Meski bisa terdaftar kembali di SMP 2 Karangmojo, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rosyid menjamin Muhammad Pasha Pratama mendapatkan sekolah kembali.

Pihaknya mengaku tak hanya pasha yang merasakan tidak diterima di SMP 2 Karangmojo, tetapi ada 52 anak yang tidak bisa masuk ke SMP 2 Karangmojo.

Hal tersebut disebabkan karena daya tampung di SMP tersebut sudah terpenuhi.

“Saya melihat ini bukan permasalahan zonasi, tetapi ini masalah ekonomi yang mengakibatkan Pasha tidak dapat sekolah ke tempat yang agak jauh dari rumah karena tidak mempunyai biaya ekstra,” katanya, Jumat (12/7/2019).

Menurut Bahron, untuk mengatasi hal tersebut Pasha mau tidak mau harus bersekolah di sekolah swasta atau bersekolah di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Masyarakat (PKBM) yang berada di Bejiharjo dan jika bersekolah di PKBM biaya gratis.

“Saya siap untuk menanggung biaya Pasha. Kalau Pasha membutuhkan sepeda untuk trasnportasi saya siap untuk memberikan sepeda,” paparnya.

Menyalahi Tujuan Utama PPDB Zonasi
Dirinya menjelaskan Pasha memang tidak bisa masuk ke SMP 2 Karangmojo dan harus memilih sekolah swasta lainnya atau pondok pesantren.

Ia mengatakan bisa saja Pasha dicarikan surat rekomendasi dari kemendikbud tetapi hal tersebut bukan menjadi solusi.

“Kalau Pasha diberikan rekomendasi dan masuk ke SMP 2 Karangmojo bagaimana nanti yang lainnya, bisa-bisa calon peserta didik yang tidak diterima meminta hal yang sama,” katanya.

Sementara itu, satu diantara masyarakat yang berminat menjadi donator untuk Pasha adalah Aini yang berasal dari Bekasi.

Ia mengatakan, setelah membaca berita dirinya tergerak untuk membantu Pasha.

“Saya pernah merasakan bagaimana sulit untuk membayar sekolah. Walaupun saya masih tergolong lebih beruntung daripada Pasha, kondisi ekonomi Pasha kan memang tidak mampu, saya berharap Pasha tetap bisa bersekolah seperti teman-teman lainnya dan saya siap membantunya,” tutup dia. (Bayu)

Related Post