Kepregok ‘Nyolong’ Kayu Jati, Warga Banyusoco Ditangkap Polisi

173 views

Gunungkidulpost.com – Paliyan – Kedapatan mencuri kayu jati di hutan yang berada di Petak 128 RPH Grogol, BDH Paliyan, WSD (45) warga Kepek I, RT04 / RW 01, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, diamankan polisi, Minggu,(11/2/2018).

Kapolsek Paliyan, AKP Catur Widodo menyampaikan, aksi WSD diketahui oleh petugas kehutanan sekitar pukul 18.00 WIB dengan barang bukti curian 1 potong kayu jati, panjang 2 m bulat 80 cm, 1 buah gergaji tangan dan 2 buah sabit.

“Petugas kehutanan kebetulan sedang melaksanakan patroli hutan, sampai akhirnya petugas melihat ada 3 orang yang masing-masing sedang mengupas kulit pohon jati yang masih berdiri,” jelas Kapolsek.

Lebih lanjut Kapolsek menceritakan, karena gerak gerik tiga orang itu dirasa mencurigakan, oleh petugas kemudian dilakukan pengintaian. Dari pengamatan para petugas, ketiga orang yang diduga akan melakukan aksi pencurian tersebut terlihat menebang pohon dan memotongnya hingga menjadi bulatan sekitar 2 meteran.

“Petugas kehutanan mengintai mereka dengan jarak sekitar 25 meteran, hingga akhirnya membuntuti ketiga terduga saat hendak pulang membawa kayu hasil curian tersebut,” tambah AKP Catur.

Saat diperjalanan,ketiga terduga ternyata menyadari bahwa ada petugas yang mengintai. Sadar mereka telah dibuntuti dari belakang, potongan kayu tersebut kemudian dijatuhkan dan mereka segera melarikan diri. Namun, satu diantara mereka akhirnya berhasil tertangkap oleh petugas kehutanan.

“Petugas berhasil menangkap WSD, selanjutnya diamankan dan dibawa ke Polsek Paliyan beserta barang bukti lainnya untuk proses penyidikan lebih lanjut,” pungkas Kapolsek. (Santi)

Related Post