Keren!!!Musim Kemarau Kita Tetap Bisa Menikmati Air Terjun Disini

52 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Bencana kekeringan menjadi bencana tahunan yang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta. Tetapi tidak disangka, ada sebuah air terjun yang masih mengalir saat musim kemarau panjang terjadi.

Air terjun ini memiliki keindahan yang mempesona, masih sangat alami dan memiliki aliran air yang bersih.

Adalah air terjun Watu Layah, Sawangan. Surga kecil ini terletak di Desa Getas, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Untuk sampai ke lokasi ini, dari kota Yogyakarta membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam ditempuh menggunakan mobil atau motor. Cukup jauh, tetapi ketika sampai di kawasan air terjun ini rasa lelah perjalanan akan leyap seketika melihat suguhan keindahan alam yang elok.

Kaki mulai melangkah ke arah air terjun, suara gemericik air mulai terdengar membawa suasana menjadi rileks. Ada lima tingkatan air terjun ini dan memiliki bentuk yang berbeda, tingkatan pertama air terjun cocok untuk anak anak karena hanya sekitar satu meter dan ada kolam dengan kedalaman kurang lebih 50 centi meter.

Tingkatan yang kedua air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 3 hingga 4 meter, ada kolam kecil di bawahnya dengan kedalaman kurang lebih 4 meter. Pada tingkatan ke 3, air terjun ini tidak begitu nampak karena bentuk batuan yang tidak begitu curam, spot ini cocok bagi yang ingin menikmati suasan pemandangan bukit kars, karena lokasinya berada di ketinggian.

“Air terjun paling tinggi yakni yang ke empat, Air Terjun Sawangan. Ketinggan air terjun ini sekitar delapan hingga sepuluh meter. Untuk tingkatan yang kelima tidak terlalu tinggi,” kata Kepala Desa Getas, Pamuji kepada gunungkidulpost.com beberapa waktu lalu.

Uniknya, meski di musim kemarau panjang ini air terjun ini masih tetap ada. Padahal sebagian besar air terjun di Kabupaten Gunungkidul merupakan air terjun musiman, ada ketika musim penghujan saja. “Ada sumber mata air yang memiliki debit cukup besar di Desa Getas, sehingga air terjun Watu Layah Sawangan tetap bisa dinikmati meski musim kemarau panjang,”tambah Pamuji.

Salah seorang wisatawan asal Jakarta, Vidha Kiki mengaku takjub dengan keindahan air terjun Watu Layah, Sawangan ini. Ia tidak sengaja sampai di lokasi wisata yang belum banyak diketahu publik tersebut.

“Awalnya mau piknik ke Jogjakarta dan datang ke lokasi yang masih alami. Setelah liat jasa tripnya Nritip.com yang menawarkan destinasi minat khusus, saya tertarik dan sampailah di air terjun Watu Layah. Tidak disangka, Gunungkidul cukup terkenal dengan bencana kekeringan tetapi memiliki destinasi wisata air terjun yang sangat indah,” tambahnya ketika bertemu dengan gunungkidulpost.com di lokasi air terjun. (Yusuf)

Related Post