Keris Senilai Rp 1,5 Miliar Menarik Perhatian Pengunjung

967 views
image

Puluhan Pusaka Kuno Mengikuti Kontes Keris 2017. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Patuk – Puluhan keris kuno dikonteskan untuk memeriahkan lomba pusaka kuno yang diselenggarakan oleh kelompok sadar wisata di Gogor Park, Kecamatan Patuk, Minggu (17/4/2017).

Dari puluhan keris tersebut ada yang menarik perhatian pengunjung. Pasalnya harga keris ada yang mencapai kisaran Rp 1,5 miliar.

Ketua Panitia Kontes Keris Kuno, Subarno mengatakan, kegiatan ini diharapakan mampu mendongkrak generasi muda untuk mencintai warisan nenek moyang yang sudah diakui oleh UNESCO.
Dari puluhan keris yang ada terdapat satu keris yang memiliki nilai jual mencapai Rp 1,5 miliar.

“Ini merupakan kegiatan yang harus dilestarikan supaya warisan nenek moyang tidak mudah punah,” ketanya kepada Gunungkidulpost.com.

Total hadian yang sudah disediakan oleh panitia yakni Rp 2,2 juta. Kriteria penilaian meliputi, nilai dapur, nilai tangguh, nilai pamor, nilai garap, dan nilai sandangan.

“Nilai yang tertinggi akan ditentukan sebagai juara,” ujarnya.

Sementara itu, Dewan Kebudayaan Gunungkidul CB Supriyanto mengatakan, kontes keris kuno sangat memikat perharian warga. Mengingat saat ini generasi muda sebagian besar sudah tidak mengenali keris, sehingga sangat perlu dikenalkan kembali ke masyarakat luas.

“Harapan kami event ini dapat dilakukan setiap tahun. Sehingga generasi muda tidak buta akan kekayaan nenek moyang ini,” ungkapnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post