Kerukunan Umat Beragama Tercipta Dimomen Idul Adha, Warga Jeruksari Patut Dicontoh

146 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Momentum kebersamaan saling toleransi dan gotong royong mampu ditorehkan oleh warga Dusun Jeruksari, RT02 RW 02, Desa Wonosari, Gunungkidul.

Hal itu tampak terlibah pada perayaan Idul Adha, Minggu (11/8/2019) pagi.

Momen penyembelihan hewan kurban inipun menjadi ajang memupuk tolernasi dengan umat lainnya.

Meski berbeda keyakinan, umat lainnya pun ikut membantu umat muslim dalam menyembelih hewan kurban.

Warga Nasrani di wilayah tersebut ikut berbaur dengan umat muslim dan membantu dalam menyembelih dan membagikan daging kurban.

Mereka membaur bersama tak membedakan mana yang beragama Muslim dan mana yang beragama Nasrani.

Mereka saling tolong menolong untuk memotong daging dan menimbang daging yang nantinya akan dibagikan kepada masayarakat sekitar.

Satu di antaranya adalah Slamet Riyanto (60). Ia bersama kedua anaknya ikut dalam membantu memotong daging, dan menimbang daging. Sejak pagi ia ikut bergabung dengan yang lainnya.

Mereka terlihat saling membantu satu sama lainnya beberapa waktu mereka juga bersenda gurau.

Ibu-ibu bertugas untuk memotong daging dan menimbang, sedangkan bapak-bapak bertugas menguliti lembu, dan menimbang daging.

“Saya senang bisa ikut membantu proses pemotongan daging Kurban. Sebagai warga Nasrani senang sekali bisa membantu dan mereka sangat terbuka walaupun berbeda keyakinan,” ucap Slamet.

“Dengan kegiatan ini masyarakat dapat berkumpul dan dapat menjaga kerukunan masyarakat khususnya di Dusun Jeruksari. Masyarakat Muslim di sini juga sering membantu kami jika kami ada acara keagamaan,” katanya.

Menurutnya kegiatan gotong royong tidak perlu memandang agama seseorang, sehingga dapat menjaga kerukunan antar umat beragama.
Takmir Masjid Al Haadi Tukijan, mengatakan kegiatan seperti ini telah berlangsung bertahun-tahun, tanpa membeda-bedakan keyakinan yang dianut masyarakat.

“Ini wujud kerukunan harus tetap dijaga, semua warga saling membantu, dan saling mendukung. Dan kami harap dilain tempat bisa begini,” tutupnya. (Bayu)

Related Post