Kesalahan Teknis, Pelaksanaan Pemilu Tambal Sulam

106 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemilihan Umum Kabupaten Gunungkidul terkendala karena terjadinya kesalahan teknis dalam pendistribusian logistik Pemilu.

Panitia pemungutan suara terpaksa melakukan penyusulan pendistribusian surat suara karena surat suara yang kurang. Akibatnya suasana di TPS sempat mengalami kebingungan.

Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Karangtengah, harus melakukan pendistribusian susulan berupa surat suara untuk DPR RI sebanyak tiga kali ke TPS 20.

Ketua PPS Desa Karangtengah, Edi Fauzi mengatakan total dari 291 surat suara baru ada 146 surat suara untuk DPR RI. Pihak PPS terpaksa harus mengambil surat suara yang ada di TPS lain.

“Kami menduga, akibat kesalahan pendistribusian sehingga sejumlah tempat tidak tepat,” katanya, Rabu (17/4/2019).

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Gunungkidul Rosita mengatakan, terdapat sejumlah kecamatan yang mengalami kesalah dalam pendistribusian. Sehingga terdapat sejumlah TPS yang mengalami kekurangan dan juga ada yang mengalami kelebihan surat suara.

“Ada kesalahan pendistribusian ini berpengaruh TPS kekurangan surat suara maupun kelebuhan,” paparnya.

Pihanya sudah merekomendasikan kepada para PPS yang ada supaya segera mencari kekurangan maupun mengambil surat suara di TPS yang kelebihan agar kembali berjalan lancar.

“Kita sarankan untuk mengambil ke TPS yang terdekat,” ungkapnya.

Rosita menambahkan akan terus melakukan monitoring dan mengawasan supaya pelaksanaan Pemilu berjalan lancar. (Bayu)

Related Post