Kinerja Pemkab Gunungkidul Raih Nilai ‘B’

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dari hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Wilayah III pada tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berhasil mendapatkan predikat “B”.

Hasil evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat menunjukkan bahwa, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memperoleh nilai 67, 95 atau mendapatkan predikat “B”.

Penilaian tersebut menunjukkan tingkat efektif dan efisien anggaran sudah cukup baik jika dibandingkan dengan capaian kinerja.

Hal itu disebebkan oleh pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintah yang berorientasi pada hasil di Pemkab yang mulai berjalan namun masih memerlukan perbaikan lebih lanjut.

Adapun komponen yang dinilai antara lain:

  • Perencanaan kinerja
  • Pengukuran kinerja
  • Pelaporan kinerja
  • Evaluasi internal
  • Capaian kinerja

Dengan hasil tersebut Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi mengaku bangga dengan predikat ini.

“Semua hasil harulah disyukuri dan berupaya kami tingkatkan pada tahun ini,” kata Immawan Wahyudi kepada wartawan, Selasa (13/2/2018).

Dia menuturkan, meski masih banyak dilakukan perbaikan kinerja, namun dirinya mengaku selama ini semua jajaran di Pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah menunjukkan peningkatan kinerja.

Hal itu terbukti dari hasil capaian kinerja menunjukkan tren nilai yang terus membaik.

“Harapan kami kedepan kerjasama antar pejabat terus ditingkatkan sehingga mampu menyukseskan visi dan misi bupati hingga akhir periode nanti,” ujarnya. (Bayu)

Related Post