Kini Proses Pencetakan E-KTP Lebih Transparan

image

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Eko Subiantoro. (Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Wonosari -Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan kartu tanda pengenal yang wajib dimiliki oleh seluruh mayarakat Indonesia yang telah berumur setidaknya 17 tahun.

Dahulu KTP hanya berlaku 5 tahun saja, dan harus diperpanjang setiap 5 tahun, sedangkan KTP untuk lanjut usia akan berlaku seumur hidup, namun kini semenjak KTP manual di ubah menjadi KTP elektronik atau e- KTP semua menjadi lebih praktis. Tidak perlu lagi perpanjangan selama tidak ada perubahan setatus.

Eko Subiantoro, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menyampaikan, memiliki KTP adala hal yang sangat penting. 

“Sebagai warga negara yang baik kita harus memiliki KTP sebagai tanda pengenal dimanapun kita berada,” jelas Eko, Jumat,(4/8/2017).

Saat ini Disdukcapil tak terkecuali di Gunungkidul terus melakukan perekaman data penduduk yang belum memiliki e- KTP, bahkan sistim jemput bola juga telah dilakukan. Dan bagi yang telah terekam datanya otomatis akan segera di terbitkan KTP elektronik jika material tersedia dan semua syarat telah terpenuhi.

Di jaman yang semakin maju dan berkembang, sehingga kini semua akan lebih mudah dan praktis dengan bantuan teknologi internet.

“Manakala warga masyarakat ingin mengetahui KTP elektronik sudah di cetak atau belum,cukup ketik bit.ly/ktpgk dengan huruf kecil semua melalui browser internet, kemudian masukkan Nomer NIK yang akan dilihat. Setelah itu akan muncul informasi status cetak KTP Elektronik penduduk yang bersangkutan,” ulas Eko

Sistem pengecekan melalui internet yang bisa di cek melalui telephone pintar atau smartphone berbasis androit ini Disdukcapil menyebutnya dengan istilah “Cekidot” yang merupakan singkatan dari Cek Identitas Otomatis.

Kini segala sesuatu dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan teknologi internet. Mengecek e- KTP tidak perlu jauh- jauh datang ke kantor Didukcapil, cukup mengunjungi situs yang telah di informasikan oleh Disdukcapil tersebut.

“Dengan sistim ini, akan lebih efektif dan efisien dibanding mengecek secara langsung, tentu akan banyak manfaat seperti hemat waktu, tenaga, dan biaya tentunya,”  ujar Eko.

Eko juga berharap, semua masyarakat sadar akan pentingnya sebuah identitas, dan segera melengkapai semua data yang kaitannya dengan kependuukan sebagai ujud warga negara yang baik dan taat terhadap aturan perundang- undangan negara. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post