Kiprah Nyata 15 Tahun Tagana Wujudkan Masyarakat Siaga Bencana

82 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Indonesia telah memasuki usia 15 tahun. Bertempat di halaman Kantor Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul, Apel Siaga Peringatan HUT Ke-15 Tagana Indonesia Tahun 2019 digelar,Sabtu,(16/3/2019).

Sekretaris Deraerah Kabupaten Gunubgkidul, Ir. Drajad Ruswandono, M.T menyampaikan, kehadiran Tagana memberikan kontribusi yang sangat besar bagi pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Gunungkidul.

“Tagana yang sudah tersebar di 18 kecamatan yang ada di Gunungkidul saya akui memang dapat diandalkan sewaktu-waktu,” katanya.

Drajad berharap, seluruh anggota Tagana khususnya di Kabupaten Gunungkidul, terus menguatkan daya tanggap dan komitmennya untuk pengabdian terbaik bagi masyarakat Gunungkidul.

Dikatakan Drajad, Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu wilayah di DIY yang memiliki tingkat kerawanan cukup tinggi terhadap bencana alam karena kondisi geografis yang beraneka ragam.

Adapaun karakteristik bencana yang paling berpotensi melanda wilayah Kabupaten Gunungkidul diantaranya kekeringan, gempa bumi, tanah longsor, angin kencang, abrasi, dan gelombang tinggi di wilayah pesisir.

Khususnya wilayah utara dan barat Kabupaten Gunungkidul yang memiliki pegunungan yang cukup curam, aliran sungai yang cukup besar saat hujan lebat, memiliki tingkat kerawanan bencana alam yang tinggi, terutama tanah longsor dan banjir di sekitar daerah aliran sungai.

“Fenomena alam yang terjadi pada akhir-akhir ini, mengingatkan kita akan pentingnya meningkatkan kawaspadaan dini masyarakat terhadap segala kemungkinan dan potensi bencana,”ujarnya.

Drajad menambahkan, sebagai bentuk antisipasi dampak buruk bencana, masyarakat harus memiliki tingkat kewaspadaan dini.

“Dengan menumbuhkan kewaspadaan ini, tentunya membutuhkan proses pembelajaran dan pembiasaan,”imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT Tagana Ke-15 Kabupaten Gunungkidul, Rahmad Damaji menyampaikan, ada beberapa rangkaian kegiatan untuk mengisi HUT Tagana Indonesia Tahun 2019 ini diantaranya, kegiatan bedah rumah dengan sasaran rumah Palimin, Desa Girikarto, Kecamatan Purwosari dan rumah Suharta, Desa Natah, Kecamatqn Nglipar.

Selanjutnya ada rehab rumah dengan sasaran rumah Minardi, Desa Ngipak Kecamatan Karangmojo, rumah Wasdiyanto, Desa Pampang,Kecamatan Paliyan, rumah Samijan dan Sebrung, Kecamatan Tanjungsari.

“Selain itu kami juga melakukan reboisasi penghijauan lahan gundul di Kecamatan Paliyan, Kecamatan Nglipar, Kecamatan Ponjong, Kecamatan Tanjungsari dan Kecamatan Girisubo,”tuturnya.

Tidak hanya itu, Tagana juga menggelar kegiatan apresiasi kepada Lansihana dan Purna PH Tagana Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan selanjutnya yakni ziarah dan tabur bunga di makam anggota Tagana. (Santi)

Related Post