Kirab Tosan Aji Tandai Upacara Adat Suran di Tambakromo

image

Upacara Adat Kenduri Suran (Foto: Heri)

Gunungkidulpost.com – Ponjong – Ratusan masyarakat Desa Tambakromo, Kecamatan Ponjong, berkumpul di Balai Desa Tambakromo untuk menggelar Tradisi Upacara Adat Kenduri Suran, Rabu (20/9/2017) siang.

Hadir dalam acara, Muspika, Dinas Kebudayaan DIY, Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Dewan budaya provinsi serta Dewan budaya Gunungkidul.

Upacara peringatan Suran tersebut diikuti oleh masyarakat dari 11 dusun dengan suka cita. Hal ini terlihat dari warga yang sangat antusias mengikuti Upacara Adat Tradisi Suran dan prosesi kirab Tosan Aji.

Kegiatan tersebut terselenggara berkat bantuan dan dukungan dari berbagai instansi diantaranya Dinas Kebudayaan DIY serta Dinas Kebudayaan Gunungkidul.

“Kegiatan grebeg suran ini memiliki maksud untuk mengenalkan kebudayaan bahwa kebudayaan yang berasal dari leluhur wajib dilestarikan, sehingga asli kebudayaan itu sendiri tidak luntur karena dibentur dengan arusnya zaman”, kata Kepala Desa Tambakromo, Sudigdo Wiyoko Nugroho, disela-sela acara.

Menurutnya, rangkaian Suran dilakukan mulai dari pagi hari hingga sore nanti, ditandai dengan pembukaan Upacara Adat lalu penampilan Tari Gambyong.

Dia menambahkan, kegiatan ini dilaksananakan sebagai tanda rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sekaligus menghormati para leluhur.

“Grebeg Suran ini merupakan tradisi rutin yang dilakukan oleh masyarakat secara turun temurun, untuk tahun ini kita laksanakan di Balai Desa, kita dari dulu memang punya angan-angan rasul satu desa menjadi satu dan sampai sekarang tidak terealisasi, karena setiap padukuhan memang punya hari tersendiri untuk melaksanakannya, dan momen seperti inilah untuk penganti rasulan, agar masyarakat bisa berkumpul menjadi satu di balai desa,” tambahnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post