KKN UNY Optimalkan Program Desa Literasi

24 views

Gunungkidulpost.com – Karangmojo – Program pengembangan desa literasi oleh Kelompok Kerja Nyata (KKN) UNY 61 diharapkan terus berlanjut guna mengoptimalkan efek positif kepada masyarakat.

Untuk itu mahasiswa KKN harus mencari kader-kader penerus program, pasca mereka selesai bertugas agar programnya tidak berhenti begitu saja.

Hal ini disampaikan Rektor UNY, Sutrisna Wibawa dalam acara monitoring dan Elevaluasi KKN UNY 2018 di Dusun Sokoliman, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Minggu (12/8/2018).

Sutrisna Wibawa mengatakan, saat ini yang masih menjadi pekerjaan rumah bersama adalah bagaimana cara mengembangkan masyarakat yang maju dan berkembang dengan menekankan literasi.

“Maka dari itu dengan adanya program desa literasi diharapkan mampu membawa dampak positif,” katanya.

Menurut Sutrisna, program literasi harus tetap berjalan. Karena program itu sesuai dengan misi UNY yakni mengembangkan pendidikan.

“Literasi tidak hanya berfokus pada proses membaca, tapi bagaimana melihat lingkungan sekitar guna memperoleh informasi,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pengelolaan KKN dan pengembangan terpadu LPPM, UNY, Tri Atmanto menambahkan, pengembangan desa literasi yaitu mulai dari literasi budaya, teknologi, lingkungan.

“Realisasi dari pengembangan literasi oleh mahasiswa KKN UNY yakni dengan mengembangkan taman baca masyarakat. Salah satunya yang dibangun di setiap dusun di Bejiharjo, Karangmojo,” terangnya.

Selain literasi para mahasiswa juga memiliki program lain seperti manajemen bank sampah dan pendampingan UMKM. (Santi)

Related Post