Kolam Amblas, Warga Giritirto Geger

249 views

Gunungkidulpost.com – Purwosari – Warga Dusun Petoyan, Desa Giritirto, Kecamatan Purwosari mendadak gempar oleh beredarnya kabar tentang terdengarnya bunyi dentuman keras suara dari dalam bumi.
Dentuman keras diikuti dengan amblasnya sepetak kolam yang berlokasi di sebelah utara Kantor Kecamatan Purwosari, Sabtu, (20/01/2018).

Terkait beredarnya berita tersebut, Bhabinkamtibmas Desa Giritirto, Polsek Purwosari, Brigadir Giyanto bersama beberapa anggota dari Polsek Purwosari langsung mengecek kebenaran berita tersebut. Saat dicek, memang benar bahwa kolam amblas hingga kedalaman 6 meter.

“Warga mendengar dentuman keras sekira pukul 05.00 Wib,” ucap Brigadir Giyanto.

Brigadir Giyanto, menceritakan, warga semakin dibuar gempar setelah, Watik, salah satu warga mendapati kolam yang berada di depan warungnya amblas. Watik yang kagetpun segera melapor ke Bhabinkamtibmas Desa Giritirto. 

Dari hasil cek TKP, kolam tersebut memiliki ukuran sekira 15 x 8 meter persegi. Semula kedalaman air mencapai 40 centi meter. Sedangkan luas tanah yang amblas dikolam tersebut sekira 5 x 3,5 meter persegi dengan kedalamannya mencapai 6 meter.

“Tanah amblas dari tepi kolam sebelah timur hingga ke tengah kolam, bahkan di sebelah timur, tembok pagar pondasinya ikut amblas dan mengalami retak pada dinding tembok,” terang Brigadir Giyanto. 

Brigadir Giyanto menghimbau, agar masyarakat tidak perlu resah. Segera memberitahu ke pihak Kepolisian bila melihat segala potensi, yang dapat menimbulkan kerawanan bencana seperti, tanah amblas, pohon tumbang, tanah longsor, batuan runtuh dan bahaya lainnya. 

Hingga berita ini dilansir, Polisi telah memasangan Police Line di sekitar pinggir kolam untuk mencegah hal- hal yang tidak diinginkan. (Santi)

Related Post