Korban Ubur-ubur Kian Bertambah, 76 Orang Jadi Korban

15 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Selama libur lebaran, sebanyak 76 wisatawan yang berkunjung ke pantai selatan Gunungkidul menjadi korban sengatan ubur-ubur.

Sebagian besar korban berasal dari luar Gunungkidul.

Berdasarkan data dari SAR Satlinmas Istimewa Wil-Op II koban sengatan ubur-ubur antara lain;
1. Pantai Kukup 22 orang
2. Pantai Sepanjang 26 orang
3. Pantai Drini 10 orang
4. Pantai Krakal 4 orang
5. Pantai Pulang Sawal 1 orang
6. Pantai Gesing 13 orang

“Selama Pam lebaran tercatat sudah 76 wisatawan yang menjadi korban,” jelas Sekertaris SAR Satlinmas Wilayah II, Surisdiyanto kepada wartawan.

Menurut dia, kejadian terakhir pada Sabtu (23/6) kemarin. Petugas pun telah melakukan penyisiran terhadap ubur-ubur namun tetap saja hewan laut tersebut belum tuntas menghilang.

“Tiap hari kami patroli untuk memburi ubur-ubur,” paparnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul Priyanta Madya mengatakan, pihaknya telah mengkoordinasikan puskesmas yang dekat dengan pantai agar siap melayani wisatawan yang terkena sengatan ubur-ubur. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama pada wisatawan yang terkena sengatan ubur-ubur.

“Cabut segera mungkin serpihan sengat atau tentakel yang menusuk kulit, lalu Cuci luka dengan cuka untuk mematikan fungsi racun. Jika tidak ada cuka, campurkan baking soda dengan air laut, kompres luka dengan handuk yang dicelup air hangat. Jangan basuh dengan.menghunakan air dingin karena bisa memperburuk luka,” pungkasnya. (Santi)

Related Post