KPAD Terus Berinovasi Untuk Dongkrak Minat Baca

608 views
KPAD terus tingkatkan minat baca. (Foto : nena Krisna)

KPAD terus tingkatkan minat baca. (Foto : nena Krisna)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebagai upaya mendongkrak minat baca kepada masyarakat. Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (KPAD) kabupaten Gunungkidul berupaya melakukan pengembangan layanan.

Kepala Seksi Perpustakaan KPAD Gunungkidul, Prihastuti mengatakan, pihaknya sudah mengupayakan berbagai cara untuk meningkatkan layanan kepada para pengunjung, baik menambah koleksi buku maupun memberikan fasilitas pendukung lainnya.

“Jumlah koleksi buku terus bertambah setiap tahun. Selain itu, fasilitas seperti wifi internet, tempat duduk santai maupun tempat pagelaran sudah ditambah demi kenyamanan pengunjung,” katanya

Menurut Pirhastuti, guna mendukung layanan publik, penambahan petugas perpustakaan dilakukan dengan cara melalui penjaringan. “Rekuitmen pegawai sudah ada sekitar 10 orang kita terima. Rekruitmen pegawai itu sangat membantu ketika layanan keluar perpusatakaan keliling dan membantu meningkatkan minat baca melalui pinjam kolektif,” katanya, Rabu (5/10/2016).

Prihastuti menerangkan, untuk memudahkan pengunjung di wilayah pelosok, KPAD mendirikan perpusdes di 144 desa. Hal itu dilakukan untuk mendukung sarana dan prasana desa serta menambah minat baca bertambah.

“Untuk akses buku di desa kita berikan dari program hibah buku dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada tahun 2011 hingga 2013. Sedangkan tahun 2013 sampai 2015 dilanjutkan APBD Provinsi,” jelasnya.

Selanjutnya, berbagai kegiatan untuk menarik minat pengunjung juga dilakukan seperti, lomba pekan gemar membaca, sanggar dongeng, latihan menulis dan memberikan kado pintar yang digelar setiap tahunya

“Selain itu kita juga ada roadshow minta baca ke 18 kecamatan dalam rangka menggerakkan perpustakan desa,” pungkas Prihastuti. (Nena)

gunungkidulpost kpadgunungkidul

Related Post