KPU Ajak Tokoh Agama Sukseskan Pemilu

172 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Berbagai tahapan Pemilu 2019 sudah dilalui dengan baik. Semua berjalan lancar sesuai UU no 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Hal ini disampaikan Ahmadi Ruslan Hani, S.pd.,M.Pd.Si, Ketua Komisioner KPU Kabupaten Gunungkidul saat menghadiri sarasehan tokoh agama dan tokoh masyarakat di Hotel Cykaraya, Wonosari, Minggu,(30/3/2019).

“Saat ini masuk tahapan kampanye rapat umum hingga 13 April besok.Setelah selesai masa kampanye akan masuki masa tenang 3 hari sebelum pencoblosan, semua atribut kampaye harus sudah di bersihkan,” katanya.

Adapun terkait penyampaian formulir C6 (Surat undangan Pemilihan) bagi pemilih yang sudah terdaftar diserahkan kepada KPPS paling lambat 14 April 2019 surat undangan pemilihan harus sudah sampai.

“Pemilu tahun ini berbeda dengan Pemilu sebelumnya karena ada 5 (lima) surat suara yang diterima di TPS,”terangnya.

Lebih lanjut Ruslan Hani menjelaskan, tata cara pencobolosan surat suara yakni pemilih agar membawa C6 dan e-KTP diserahkan kepada KPPS. Selanjutnya KPPS akan memberikan 5 (lima) Surat suara antara lain, warna abu-abu untuk memilih Calon Presiden dan Wakil Presiden, warna kuning untuk memilih Calon DPR RI, warna merah untuk memilih Calon DPD RI, warna biru untuk memilih Calon DPRD Provinsi DIY,warna hijau untuk memilih calon DPRD Kabupaten/Kota.

“Apabila surat suara rusak bisa minta ganti kepada KPPS. Mencoblos hanya satu calon kalau lebih dari satu tidak sah,” terangnya.

Ruslan Hani berpesan, pastikan betul Dapilnya karena di Gunungkidul masuk Dapil DIY. Terkadang terjadi surat suara tertukar dengan dapil wilayah lain.

Adapun pembagian Dapil dalam Pemilu DPRD Kabupaten/Kota Gunungkidul antara lain Dapil 1 meliputi wilayah Kecamatan Wonosari dan Playen. Dapil 2 meliputi wikayah Kecamatan Patuk, Ngawen,Gedangsari dan Nglipar.

Sementara Dapil 3 meliputi wilayah Kecamatan Ponjong,Karangmojo dan Semin. Dapil 4 meliputi Kecamatab Rongkop, Girisubo, dan Semanu. Dapil 5 meliputi Wilayah Kecamatan Tanjungsari, Saptosari, Paliyan, dan Panggang.

“Coblos dengan alat yang sudah disiapkan, jangan menggunakan alat lain seperti rokok, jari dan benda tajam lain,” pesannya.

Setelah selesai mencoblos, masukkan surat suara sesuai dengan kotak surat suara. Selanjutnya menuju KPPS 7 masukkan jari ke botol tinta dan harus mengenai semua kuku.

“Surat suara sah harus ditanda tangani oleh ketua KPPS,”tandasnya. (Santi)

Related Post