KPU Akan Verifikasi Partai Baru

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul mengisyaratkan Partai Politik baru di Kabupaten Gunungkidul yang hendak mendaftarkan diri menjadi peserta Pemilu 2019 wajib memiliki syarat pendirian yang jelas dan memiliki jumlah keanggotaan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunungkidul, M Zainuri Ikhsan, mengatakan, partai politik baru di Gunungkidul yang hendak menjadi peserta Pemilu 2019 wajib menyertakan status pendirian yang jelas serta memiliki jumlah keanggotaan minimal sebanyak satu per seribu dari jumlah penduduk yang ada pada daerah pemilihan.

Partai politik baru wajib menyerahkan daftar nama anggota parpol, beserta salinan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan juga KTP elekteronik, lalu diserahkan kepada KPU.

Pihak KPU akan melakukan verifikasi faktual kepada jumlah keanggotaan tersebut, sehingga jumlah keanggotaan sesuai dengan apa yang dilaporkan.

“KPU akan memverifikasi keanggotaan dari Partai Politik sehingga betul-betul memang ada. Ini berlaku untuk partai politik baru yang hendak mendaftarkan sebagai peserta pemilu 2019 nanti,” ujar Zainuri, Kamis (28/9/2017) kemarin.

Parpol baru wajib menyerahkan daftar nama dan alamat dari anggota Partai Politik dalam wilayah Kabupaten atau Kota, melalui bentuk dokumen yang diunggah melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dan juga bentuk hardcopy kepada KPU Kabupaten.

“Salinan bukti KTA anggota Parpol dan KTP paling sedikit 1.000 orang atau seperseribu dari jumalh penduduk dalam satu wilayah kabupaten atau kota,” ujarnya.

Sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Tahun 2019 yang telah dikeluarkan, pendaftaran partai politik ini rencananya akan dibuka pada tanggal 3 hingga 16 Oktober 2017 mendatang.

“Sesuai PKPU terkait pelaksanaan pemilu pada tahun 2019, maka partai politik yang hendak turut serta pada Pemilu, diperkenankan untuk mendaftar kepada KPU,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post