KPU: Bakal Caleg Tak Penuhi Syarat Akan Digugurkan

22 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Hari ini, Kamis, (2/8/2018) KPU Gunungkidul telah melakukan verifikasi berkas pendaftaran bacaleg yang telah masuk pada Selasa (31/7/2018) kemarin.

“Bacaleg yang berkasnya tidak memenuhi syarat akan dianggap gugur,” kata Ketua KPU Gunungkidul, Muhammad Zaenuri Ikhsan.

Zainuri menjelaskan, proses verifikasi ini akan dilakukan hingga Selasa (7/8/2018) mendatang. Jika dalam proses tersebut ada berkas yang meragukan, maka KPU akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk melihat validitas data kependudukan.

“Selain itu, KPU juga akan berkoordinasi dengan Polres untuk mengetahui SKCK yang bersangkutan, hingga ke Balai Dikmen guna mengetahui keabsahan ijazah bacaleg,” paparnya.

Dikatakan Zainuri, sejumlah bacaleg dari partai Gerindra dan Garuda sebelumnya tidak memperbaiki berkas yang ada, sehingga dimungkinkan Bacaleg tersebut akan dicoret.

Rencananya, KPU akan mengadakan rapat pleno pada Selasa (7/8/2018) sore, dihari yang sama usai melakukan verifikasi. Setelah itu akan dilanjutkan penyusunan Daftar Caleg Sementara pada 8-10 Agustus.

Untuk pengumuman DCSnya pada 12-14 Agustus. Sebelumnya di tanggal 10 KPU akan mengundang partai untuk validasi terlebih dahulu.

“Semoga proses verifikasi ini bisa berjalan lancar. Saat nanti diumumkan DCS, masyarakat bisa menilai. Jika ditemukan bacaleg yang tidak tepat maka kami akan segera mengklarifikasinya,” pungkasnya. (Santi)

Related Post