KPU DIY Gelar Sosialisasi Pemilu

image

Sosialisasi Pemilu Digelar Di Ruang Rapat 1 Gedung Setda Gunungkidul. (Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebagai upaya untuk mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) tahuh 2019 tentu harus melalui beberpa tahapan, salah satu diantaranya adalah sosialisasi penyelenggaraan agar semuanya paham mengenai tata cara dan peraturan yang baru.

Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta  melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 di setiap Kabupaten yang ada di DIY, tak terkecuali Kabupaten Gunungkidul. 

“Kita mengundang setiap pemangku kepentingan atau Stakeholder sebagai peserta sosialisasi, dengan harapan mereka bisa berkoordinasi dengan baik sampai pada saatnya Pemilu Tahun 2019 nanti,” jelas Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan usai acara sosialisasi, Kamis, (19/10/2017).

Hamdan menjelaskan, pendaftaran Parpol untuk saat ini telah di sentralkan ke KPU RI,sementara tugas KPU di setiap Kabupaten hanya menerima salah satu dokumen persyaratan, yaitu keanggotaan yang dilampiri dengan salinan KTA Parpol dan KTP.

“Sejauh ini di KPU RI sudah ada 27 Parpol yang mendaftar, sementara di Gunungkidul ada 16 Parpol yang telah menyerahkan dokumen, “ucapnya.

 

Setelah dokumen terkumpul sesuai dengan persyaratan tugas KPU DIY sendiri masih harus menunggu informasi dan instruksi dari KPU RI mengenai Parpol mana saja yang harus segera dilakukan proses penyelesaian administratif dari dokumen yang telah diserahkan. 

“Koordinasi yang baik antara penyelenggara, peserta pemilu, pemerintah daerah  harus terus dijaga. Partai Politik (Parpol) diharapkan bisa selalu berkomunikasi dengan KPU apabila ada hal-hal yang secara teknis belum dipahami dalam proses pendaftaran,” tambah Hamdan.

 

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul,  Drajad Ruswandono menyampaikan bahwa pihaknya sangat memgapresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh KPU DIY. 

“Mari kita sukseskan Pemilu tahun 2019, yang merupakan hajatan bangsa Indonesia ini agar semua berjalan lancar, aman dan damai tentunya, ” ucapnya.

 

Asas pemilu yang selama ini sering diucapkan, sudah seharusnya diwujudkan yaitu Langsung Umum Bebas Rahasia (Luber), Jujur dan Adil (Jurdil).

Dengan adanya sosialisasi dan persiapan yang matang, diharapkan Pemilu tahun 2019 bisa berjalan aman dan damai, bisa membawa masyarakat Indonesia yang lebih sejahtera seiring munculnya pemimpin baru maupun pemimpin lama yang masih dipercaya rakyat Indonesia. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post